terjemahan bahasa inggris

4 Kalimat Terjemahan Bahasa Inggris yang Harus Diluruskan

Sebagai manusia modern, mempelajari bahasa asing merupakan suatu hal yang patut dijadikan prioritas utama selain belajar di bangku formal atau informal lainnya, seperti kuliah, kursus, dan lain sebagainya. Bahasa asing merupakan jembatan menuju kesuksesan seseorang. Bahkan, dewasa ini orang-orang yang mahir berbahasa asing selalu menjadi andalan di mana pun dan kapan pun dia berada.

Mungkin, banyak bahasa asing yang membuat Kamu penasaran ingin mempelajarinya, berawal dari hobi menonton film-film, novel-novel, dan cerita lain dari negara asalnya. Misalnya film Jepang, Mandarin, dan lain sebagainya. Tetapi yang perlu Kamu paham, bahasa asing utama yang harus Kamu kuasai adalah Bahasa Inggris. Di dunia kerja, Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua atau English a second language setelah bahasa ibu.

Tetapi yang menjadi masalah, adalah ketika ada beberapa penafsiran yang salah dalam Bahasa Inggris jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Misalnya saja “anak buah” rasanya lucu kalau harus di-translete menjadi “children fruit”. Atau ketika seorang guru memberikan “kisi-kisi” untuk siswanya, dan kemudian di-translete menjadi “Exam kisses”.

Berikut ini empat kalimat terjemahan Bahasa Inggris yang harus diluruskan :

1. Refreshing

Coba Kamu sebutkan apakah selama ini sering mengucapkan “refreshing” dan mengartikannya sebagai hiburan? Jika iya, maka segera luruskan pemahaman Kamu. Kosa kata “refreshing” sebenarnya kurang tepat jika dipadu padankan dengan “refreshing in beach” atau “bersantai di pantai” padahal kalimat tersebut sebenarnya kurang dapat digunakan. Sebenarnya. Refreshing tepat digunakan ketika Kamu akan membuat informasi di sebuah situs.

Kosa kata “refreshing” sering kali membuat Kamu bingung karena berhubungan dengan perasaan Kamu yaitu “refreshed” atau menyegarkan.

2.      Whatsoever

Apa yang Kamu pikirkan ketika mendengar kata “Whatsoever”? Kebanyakan dari Kamu mungkin menganggap “whatsoever” sama artinya dengan “whatever”. Padahal sebenarnya “Wahtsoever” dan “Whatever” merupakan dua arti kata yang tidak dapat disamakan.

Seperti halnya ketika Kamu mengatakan, “for the school, you can bring a pen, a book, or whatsoever. (Untuk sekolah, kamu dapat membawa pena, buku, atau apapun). Hal ini merupakan pemahaman yang salah, karena pengertian dari whatsoever dan whatever adalah berbeda.

Hal yang perlu Kamu ingat, “whatsoever” digunakan untuk menekankan suatu hal untuk menunjukkan hal yang negatif. Contohnya, “I have no idea whatsoever”, (aku sedang tidak ada uang).

3.      I’m boring

Jika Kamu pernah mengungkapkan “I’m boring” yang mengungkapkan bahwa Kamu sedang bosan, sebenarnya kata tersebut kurang tepat digunakan. Yang harus Kamu ucapkan ketika mengungkapkan suatu kebosanan adalah “Feel bored” atau merasa sedang bosan.

Dengan menyebut kata “I am boring” atau “I’m boring” sebenarnya Kamu sedang menganggap bahwa diri Kamu membosankan. Yang perlu Kamu catat, sebuah kata sifat yang memiliki akhiran –ing (misalnya boring atau exciting), menggambarkan objek atau tindakan yang membuat Kamu merasakan hal-hal tertentu.

4.      Brekfasting

Ketika Bulan Ramadhan datang, banyak restoran atau rumah makan yang mengungkapkan kata “breakfasting” yang mereka maksud sebagai menyediakan menu untuk berbuka puasa.

Padahal, dalam Bahasa Inggris, “Breakfasting” adalah sarapan. Sedangkan kosa kata yang tepat untuk digunakan oleh restoran-restoran tersebut adalah “Breaking the fast”. Kalimat tersebut memang kurang familiar, tetapi sebenarnya kalimat inilah yang tepat.

Itulah beberapa kosa kata dalam Bahasa Inggris yang salah, tetapi masih sering digunakan. Dengan mempelajari Bahasa Inggris yang baik, Kamu bukan hanya lihai menguasai Inggris pasif saja, tetapi berani tampil di depan umum dengan berbahasa Inggris aktif.


Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Yuk Follow Sosial Media HEC 1 PARE

facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare

 

Comments

comments

<

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Don't have account. Register

    Lost Password

    Register

    Info Paket, Konsultasi dan Pendaftaran. Klik disini ( WA )