semangat bahasa inggris di kampung inggris pare

Menjadi Native Speaker Itu Mudah, Baca 11 Tips Ini

Banyak orang yang sudah belajar Bahasa inggris selama bertahun – tahun namun tetap saja masih belepotan ketika berbicara di depan umum. Apalagi ketika bertemu dengan seorang native speaker, rasanya skill yang dimiliki bagaikan langit dan bumi. Pernah merasakan hal seperti ini?

Berdasarkan pengalaman, dari situ terkadang sering terbesit keinginan berbicara seperti native speaker enak kali ya? Bisa nggak ya?

Jawabannya sangat bisa sekali, karena menjadi native speaker itu mudah. Apalagi jika kamu belajar menjadi native speaker di kampung inggris pare. Pasti bakalan ngebut skill Bahasa inggris yang kamu miliki.

Bagaimana caranya? Yuk ikuti cara – cara menjadi native speaker berikut ini :

  1. Jangan Terlalu Banyak Belajar Grammar.

Sebentar, bukannya kalau tidak mempelajari grammar struktur Bahasa inggris kita akan berantakan? Jawabannya, bisa iya bisa tidak. Yang jelas, jika kamu ingin fasih berbicara Bahasa inggris, maka cobalah berbicara tanpa memikirkan grammar. Namun ketika kamu ingin lulus tes tertulis, maka belajarlah grammar.

Terkadang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari grammar bisa membuat seseorang menjadi kebingungan. Mungkin karena beberapa aturan tentang grammar. Dikutip dari yawarakaiblog, tidak banyak English speaker yang menguasai grammar lebih dari 20%. Bahkan seorang native speaker yang juga tutor mengungkapkan bahwa murid-muridnya lebih pandai mengenai grammar dibandingkan dirinya.

  1. Jangan Menerjemahkan.

Di era yang serba canggih sekarang ini banyak orang yang kurang pandai berbahasa inggris namun di beranda social medianya seperti penuh dengan status-status berbahasa inggris. Entah mereka benar-benar bisa ataupun menggunakan fasilitas translate yang ada di internet.

Nah, buat kamu yang sedang belajar menjadi seorang native speaker, maka jangan sekali-kali menterjemahkan Bahasa inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya menggunakan fasilitas translate di internet. Sebab sunanan kata yang dihasilkan dari translate di internet seringkali kurang tepat.

  1. Gali Lagi Lebih Dalam

Ada Pepatah yang berbunyi “ala bisa karena biasa”. Senada dengan hal tersebut, buat kamu yang belum bisa berbahasa inggris dengan fasih, buatlah dirimu terbiasa. Bisa juga dengan mengkondisikan lingkungan kamu menjadi lingkungan yang penuh dengan Bahasa inggris seperti layaknya di kampung inggris pare. Tidak harus mengajak teman untuk bergabung, dengan sering – sering menonton film berbahasa inggris atau mendengarkan audio rekaman kamu sendiri itu sudah cukup kok.

  1. Percaya Diri dan Jangan Takut Salah.

Ada yang bilang bahwa guru terbaik adalah pengalaman. Jadi buat kamu yang sedang ingin menjadi native speaker yang handal, ketika berbicara, teruslah berbicara menggunakan Bahasa inggris. Jangan ragu untuk meminta pendapat kepada yang lebih ahli jika kamu merasa melakukan kesalahan. Memperbanyak berbicara menggunakan Bahasa inggris akan sangat membantu kamu untuk semakin meningkatkan skill speaking kamu.  Jadi intinya banyak bicara, banyak salah, banyak belajar. Dan yakin bahwa Bahasa inggrismu akan lebih baik daripada sebelumnya.

  1. Rekam Suara Seorang Native Speaker

Temui seorang native speaker atau cari video seorang native speaker di internet. Rekam suara native speaker dengan tempo yang normal kemudian transkip. Putar beberapa kali rekaman kamu pada kalimat pertama kemudian pause dan tirukan.

Pada tahapan ini kamu boleh melihat tulisan yang sudah kamu tulis sebagai acuan agar tidak salah dalam pemahaman makna. Perhatikan baik – baik apa yang ada pada native speaker. Mulai dari intonasi, pelafalan, ekspresi dan lain sebagainya. Setelah paham kamu bisa lanjutkan ke kalimat berikutnya.

  1. Cari Model

Untuk mendongkrak semangat bahasa inggris, cara ini tergolong manjur untuk dilakukan. Ya, dengan mencari panutan untuk ditiru cara berbicara ataupun cara pengucapan dari kata perkata seseorang lebih cepat menguasai Bahasa inggris.

Beberapa model yang bisa kamu jadikan panutan seperti seorang motivator ataupun pebisnis sukses bukan seorang artis atau actor. Mengapa? Karena seorang motivator atau seorang pebisnis sukses dipastikan lebih banyak masukan positif daripada negatifnya. Namun bukan berarti actor atau aktris tidak bisa buat panutan ya.

  1. Ucapkan Dengan Lantang

Dikutip dari blog ruang guru, menjelaskan dari sebuah penelitian bahwa seseorang membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 bulan untuk mengembangkan otot mulut yang kuat agar mampu berbicara Bahasa baru.

Nah untuk melatih otot lidah kamu, maka berbicaralah atau bacalah artikel Bahasa inggris setiap hari dengan nada lantang selama 15 hingga 20 menit. Kemudian perhatikan hasilnya.

  1. Perbaiki Struktur Lidah.

Buat orang yang bukan seorang native speker, terkadang mereka sering merasa kesulitan ketika mengucapkan kata yang terdapat huruf “R”, “L” dan “TH”.

Untuk mengatasi hal tersebut perhatikan cara berikut ini :

Pengucapan huruf L, lidah harus menyentuh bagian gigi belakang dan langit – langit gusi. Sebagai bahan latihan coba ucapkan kata “light” beberapa kali.

Pengucapan R adalah “ar” dan posisi lidah berada pada tengah mulut dan tidak menyentuh bagian atas mulut. Sebagai bahan latihan coba ucapkan kata “right” beberapa kali.

Pengucapan TH, lidah keluar sedikit dan terdorong di antara gigi atas dan bawah. Sebagai bahan latihan ucapkan kata “think” beberapa kali.

  1. Cari Lawan Bicara.

Keuntungan memiliki lawan bicara ketika sedang berlatih Bahasa sangatlah banyak. Dan salah satunya dengan memiliki lawan bicara Bahasa inggris maka bisa membantu mengoreksi kesalahan – kesalahan yang kamu lakukan ketika sedang melafalkan kalimat Bahasa inggris. Selain itu dengan memiliki lawan bicara terkadang dapat membuat suasana belajar kamu menjadi lebih fun.

  1. Lakukan Seperti Sedang Menyanyi.

Seperti layaknya sedang melafalkan lirik lagu kesukaan kamu, lakukanlah hal yang sama untuk beberapa artikel Bahasa inggris. Dengan cara ini juga kamu bisa sambil merekam suara kamu dan melihat hasilnya. Maksudnya mengoreksi apakah ada kesalahan dalam pelafalan atau ekspresi jika kamu merekamnya dalam bentuk video.

  1. Pelan-pelan Saja.

Untuk mengasah intonasi dan irama dengan benar, kamu perlu melakukan hal yang satu ini. Cobalah berbicara Bahasa inggris secara perlahan dan jangan terlalu cepat. Karena ketika berbicara terlalu cepat terkadang dapat membuat intonasi dan juga ritme menjadi kurang tepat. Maka dari itu untuk meningkatkan skill pronounciation-mu, kamu harus melakukannya secara perlahan dan yang paling penting dari itu adalah pengucapan kamu yang harus lebih jelas.


Kampung Inggris Pare

Yuk gabung ke kampung inggris pare kediri

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Follow Sosial Media HEC 1 PARE

facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare

 

Comments

comments

<

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Don't have account. Register

    Lost Password

    Register

    Info Paket, Konsultasi dan Pendaftaran. Klik disini ( WA )