latihan menulis bahasa inggris kampung inggris pare

Latihan Menulis Bahasa Inggris Bagi Pemula

Belajar menulis dalam Bahasa Inggris, meskipun hanya dalam bentuk writing, tetapi jika tidak dipelajari dengan sungguh-sungguh, jangan heran jika kesulitan sering kali menghampirimu. Belajar Bahasa Inggris, notabene tidak hanya membutuhkan keterampilan dalam berbicara atau speaking saja, tetapi juga menulis atau writing dan mendengarkan atau listening.

Untuk menguasai materi writing, kamu harus rajin berlatih menulis dalam Bahasa Inggris setiap hari, tidak peduli apa yang kamu tulis. Tetapi hal tersebut terkadang membuat bingung, ketika kamu kehabisan ide menulis apa. Atau, kamu beralasan bahwa kosa kata yang kamu kuasai masih sedikit. Atau mungkin ketika kamu masih belum hafal spelling dengan benar. Dan, alasan-alasan lain yang acap kali menghambatmu. Eits! Tetapi yang namanya belajar, tidak ada alasan buat bilang “Tapi”.

Berikut ini beberapa cara latihan menulis Bahasa Inggris bagi pemula :

1. Mengatur segala hal dengan baik dan rapi;

Sebelum kamu mulai tindakan belajar menulis dalam Bahasa Inggris, kamu harus mengatur segala hal yang berkaitan dengan proses belajar nantinya secara rapi. Misalnya, mengatur jadwal belajar menulis secara disiplin, menentukan tempat belajar menulis yang membuat suasana hati nyaman, membuat materi terstruktur yang bisa kamu dapatkan di internet ataupun di sekolah dan lembaga kursus Bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk selalu menaati semua aturan yang sudah kamu buat dengan sebaik-baiknya. Selain membuatmu kian cepat menguasai materi writing, metode seperti ini juga ampuh untuk melatih kedisplinanmu.

2. Jangan takut untuk “berkorban”;

Yang harus selalu kamu tanamkan di benakmu, setiap kesuksesan yang didapat pasti selalu akan ada sebuah pengorbanan. Ketika semangat dalam hidupmu mulai kendor, kamu boleh bertanya kepada orang yang kamu anggap sudah sukses. Apa kunci utama sebuah kesuksesan yang dia dapatkan, untuk memberikan motivasi belajar bagimu.

Jika orang-orang tersebut menjawab sebuah kunci dalam meraih kesuksesan adalah usaha dan doa, maka berarti kamu perlu mengoreksi apa yang kurang dalam dirimu. Apakah kamu kurang berusaha, atau kamu kurang berdoa. Untuk itu, berusaha mengikuti berbagai macam seminar, pelatihan, atau kursus belajar Bahasa Inggris agaknya menjadi sebuah pilihan yang bisa menjadi referensi utama buatmu.

3. Menulis apa yang kamu dengar entah itu dari radio, film, dan media lainnya;

Setelah kamu mendapatkan materi dari internet, sekolah, atau lembaga kursus, kemudian kamu berani berkorban untuk mendisiplinkan dirimu, langkah selanjutnya yang bisa kamu tempuh adalah mulai menulis apa saja yang kamu dengar.

Kamu bisa memulainya dengan mendengarkan lagu-lagu Bahasa Inggris, menonton tayangan televisi, atau film berbahasa Inggris, dan media lainnya yang bisa menambah pengetahuan Bahasa Inggrismu, terutama kemampuan dalam listening dan writing.

4. Jangan terlalu terburu-buru, nikmati setiap prosesnya;

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menikmati setiap proses belajar, dengan cara membuat suasana hati selalu nyaman. Berambisi itu memang baik, tetapi jangan berharap suatu hal yang instan. Misalnya, ketika kamu menargetkan mampu menulis sebuah naskah cerpen berbahasa Inggris dalam waktu seminggu. Padahal, dalam waktu satu minggu, menguasai materi writing satu paragraf saja merupakan sebuah pencapaian yang hebat.

Kamu bisa mulai writing dengan membuat sebuah kalimat yang sederhana, melalui fokus membuat tiga sampai lima tenses dulu. Setelah kamu menguasainya, kamu bisa menambahkan beberapa tenses untuk membentuk paragraf yang lebih lengkap lagi.

Selain beberapa cara di atas, membiasakan diri menulis suasana hati dalam Bahasa Inggris alias menulis diary Bahasa Inggris, juga merupakan suatu cara yang menyenangkan. Dengan membiasakan diri menulis sesuatu yang membuatmu senang, pada dasarnya kamu sudah memupuk sebuah hobi untuk mempelajari materi writing.

Artikel lainnya : Yuk Belajar Speaking (Pronunciation)


Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Yuk Follow Sosial Media HEC 1 PARE

facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare

Comments

comments

<

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Don't have account. Register

    Lost Password

    Register

    Info Paket, Konsultasi dan Pendaftaran. Klik disini ( WA )