bicara bahasa inggris seperti native speaker kampung inggris pare

Ingin Bicara Bahasa Inggris Seperti Native Speaker ? Baca 4 Tips Jitu Ini

Ngomong bahasa inggris seperti layaknya seorang turis sebenarnya adalah hal yang mudah. Dan itu bisa dipelajari. Terlebih untuk lulusan kampung inggris pare. Casciscus bahasa inggris bukanlah hal yang sulit.

Jadi jangan keburu kagum ketika melihat seseorang berbicara bahasa inggris dengan fasih dengan logat atau aksen kebule-bulean alias seperti native speaker. Padahal mereka berwajah lokal, namun bahasanya internasional. Widih, keren…!

Pertanyaanya, gimana ya caranya agar bisa bicara bahasa inggris seperti native speaker? Apalagi yang mendengarkan bisa sampai merinding disko karena logatnya seperti bule asli.

4 tips jitu berikut ini bisa membuat kamu meningkatkan skill speaking kamu dengan mudah. Yuk simak, dan, jangan lupa praktek ya..

Choose One English Accent

Sebagai permulaan berlatif speaking, kamu harus focus pada 1 aksen dulu. Antara dua yang popular ini kamu bisa pilih salah satu yaitu British English atau American English.

Pernah mendengar dengan seksama percakapan bule atau turis secara langsung?

Mereka terlihat memiliki pelafalan yang berbeda-beda bukan? Itulah yang disebut dengan aksen atau pelafalan sebuah kata yang diikuti penekanan (stress). Dan dalam bahasa Indonesia hal ini disebut dengan logat. Dan aksen yang umumnya dipelajari di Indonesia adalah British English dan American English.

Jadi, ketika sedang berlatih berbicara bahasa inggris, pilihlah salah satu aksen yang akan kamu pelajari. Entah itu british English atau American English. Jangan berganti focus sebelum kamu menguasai satu aksen. Sebab ketika kamu berganti – ganti aksen, berpindah ke Australian English misalnya. Itu seringnya akan membingungkan kamu.

Apa tidak boleh berganti-ganti aksen? Ya boleh saja, asal bisa lekas focus ke materi yang sedang dipelajari.

Watch More Videos and Movies!

Belajar menjadi native speaker dengan cara menonton film atau video terbukti sangat bermanfaat. Dengan catatan tidak ada subtitle bahasa Indonesia dalam video tersebut.

Dalam tahapan ini kamu bisa hunting videos and movies yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Tonton film yang sudah kamu pilih dengan seksama. Catatan : Hindari film atau video yang menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Karena itu bisa mempengaruhi focus kamu. Yang harusnya kamu bisa belajar expression dan listening jadi beralih focus membaca subtitle.

Bagaimana jika ada subtitle bahasa indonesianya? OK lah dimaafkan. Kamu bisa mengakali dengan menutup layar yang menampilkan subtitle dengan lakban atau benda lainnya agar kamu bisa lebih focus belajar bahasa inggris.

Lalu film apa yang recommended untuk ditonton? Salah satu film luar negeri yang bisa kamu tonton adalah film Harry Potter. Hampir keseluruhan aktris dan actor dalam film Harry Potter menggunakan aksen British English.

Atau jika kamu ingin belajar aksen British English dan American English dalam satu film, maka kamu bisa menonton film “Fantastic Beasts and Where to Find Them” yang dirilis pada November 2016. Atau beberapa film yang didalamnya banyak digunakan aksen American English seperti film The Hunger Games, Star Trek, atau film-film Hollywood lainnya yang biasanya menggunakan American English.

JIka ingin lebih update kamu bisa menonton video – video dari chanel youtube. Disana banyak vlog dengan aksen tertentu yang bisa kamu pelajari. Usahakan agar tetap focus ya. karena di youtube ada berjuta – juta video yang terkadang bisa membuat kita melupakan tujuan awal. So, keep in mind that the goal is improving your English.

Practice, Practice and Practice!

Baca keras-keras aksen yang telah kamu pelajari sebelumnya. Praktek logat itu sesering mungkin ketika sedang berbicara bahasa inggris.

Ya, salah satu kunci sukses belajar bahasa inggris adalah praktek. Belum ada ceritanya orang yang belajar bahasa inggris bisa sukses tanpa praktek. So, speak English like a native speaker!

Baca : 6 Cara Belajar Bahasa Inggris Paling Efektif Versi HEC 1 PARE

Sudah nonton vlog di youtube? Atau nonton beberapa film dengan aksen tertentu? Trus sekarang apa yang harus kamu lakukan?

Jawabannya adalah PRAKTEK!

JIka kamu masih belum PD ngobrol dengan orang lain, terlebih dengan bule, kamu bisa lakukan cara simple berikut ini. Baca buku bahasa inggris dengan suara keras dengan logat yang telah kamu pelajari sebelumnya.

Perlu kamu ketahui bahwa membaca buku adalah cara paling sederhana untuk melatih pelafalan. Cara ini bisa kamu praktekkan sendiri tanpa harus memiliki partner. Karena kamu tidak sedang ngobrol bahasa inggris.

Lakukan cara ketiga ini secara berulang – ulang. Cek pengucapan kamu dengan melihat kamus atau melalui internet.

Untuk memantapkan skill kamu, selain bersuara keras ketika membaca buku, kamu juga perlu menggunakan logat yang kamu pelajari sesering mungkin. Dimanapun dan kapanpun. Misalnya ketika sedang menunggu teman di halte bus atau café dengan tempat kamu belajar bahasa inggris. Semakin sering kamu menggunakannya, semakin terlatih pula lidah kamu untuk mengucapkan aksen – aksen tertentu layaknya seorang native speaker.

 belajar bahasa inggris dengan rekaman di kampung inggris pare kediri

Record Your Voice!

Intinya adalah mengevaluasi apa yang telah kamu pelajari sebelumnya. Amati sudah sejauh mana perkembanganmu. Dengan melakukan trik ini juga bisa membuat kamu semakin pecaya diri lho.

Ini adalah tips jitu terakhir yang pastinya jangan sampai terlewatkan. Ketika sedang melatih berbicara dengan logat tertentu, pastikan kamu membawa alat perekam. Fungsinya? Ya jelas untuk merekam dong. Pada awalnya mungkin terasa mengganggu. “Buat apa sih, pake acara ngerekam segala?”. Sudah lakukan saja. Setelah kamu memiliki beberapa rekaman, langkah pertama berterima kasihlah kepada dirimu sendiri kamu telah konsisten merekam suara kamu sendiri.

Perlu kamu ketahui bahwa mereka suara sendiri merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan skill ngomong bahasa inggris kamu layaknya seorang native speaker. Ibarat latihan soal, kamu punya catatan tertulis dan kamu bisa mengoreksi kesalahan yang kamu lakukan dan bisa kamu perbaiki pada latihan selanjutnya.

Dengan merekam suaramu itu juga kamu bisa mengetehui seberapa jauh kemajuan serta menganalisis sampai dimana progress belajar bahasa inggris kamu. Dan kamu bisa memperbaiki kesalahan dalam pengucapan atau pelafalan d alam rekaman sebelumnya pada rekaman selanjutnya. Lakukan cara ini berulang-ulang agar kamu semakin percaya diri karena terbiasa melafalkan dan mendengarkan suara kamu sendiri. Jadi kamu semakin tahu apa yang terbaik untukmu.


Demikianlah 4 tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill bahasa inggris kamu seperti layaknya native speaker. Satu hal yang pasti, bahwa 4 tips ini tidak bisa membuat kamu mahir bahasa inggris dalam sekejab, karena semua butuh proses. Yang terpenting, lakukan 4 tips jitu ini dengan konsisten, maka dipastikan kamu akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jadi, sudah siap memompa skill Bahasa inggris kamu?

Yuk gabung ke kampung inggris pare kediri

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Follow Sosial Media HEC 1 PARE

facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare

 

Comments

comments

<

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Don't have account. Register

    Lost Password

    Register

    Info Paket, Konsultasi dan Pendaftaran. Klik disini ( WA )