game meningkatkan bahasa inggris

3 Game Ampuh Untuk Meningkatkan Bahasa Inggris

Bagi sebagian orang, belajar Bahasa Inggris merupakan suatu hal yang membosankan. Padahal menilik dari manfaatnya, tidak ada alasan untuk membantah belajar materi Bahasa Inggris, yang sangat penting bagi dunia pendidikan maupun pekerjaan di era sekarang.

Nah, untuk meminimalisir rasa bosan tersebut, kamu boleh, lho, memberikan referensi kepada tutor Bahasa Inggrismu buat mencoba game meningkatkan Bahasa Inggris menggunakan metode tertentu. Misalnya dengan memanfaatkan aplikasi perangkat pintar belajar Bahasa Inggris, menggunakan lagu-lagu seru dan hits, atau melakukan permainan dengan teman serta tutor di sekolah maupun lembaga kursus.

Berikut ini beberapa permainan yang dapat menjadi referensi bagi tutor Bahasa Inggrismu, atau bahkan buat kamu sendiri :

  1. Hangman;

Hangman adalah jenis permainan yang lumayan familiar di kalangan praktisi atau peserta yang belajar Bahasa Inggris. Bukan tanpa alasan, permainan ini memang menjadi favorit bagi sebagian besar peserta karena metodenya yang mengasyikan. Hangman bisa dijadikan pemanasan atau pendinginan ketika peserta merasa bosan dengan suasana belajar.

Adapun detail permainannya adalah sebagai berikut :

Jenis permainan Hangman  : Ice breaking dan warming up

Partisipan : Tidak ada batasan jumlah orang maupun usia.

Cara bermain :

  • Tutor harus menentukan satu kosa kata, kemudian menuliskannya di papan tulis dan memakai garis tetapi putus-putus. Tujuannya adalah untuk menunjukkan total dari hurufnya. Setelah melakukan hal tersebut, tulis angka yang diletakkan di bawah garis putus-putus tersebut agar para peserta mudah menebaknya.
  • Tutor mengajak peserta untuk menebak huruf-huruf dalam suatu kata yang sudah ditentukan oleh tutornya. Jika peserta menebak hurufnya dengan tepat, maka tutor dapat menuliskannya di atas garis tadi. Namun, apabila tebakan peserta tidak tepat, tutor harus menuliskannya di ruang yang kosong, kemudian mulai menggambar orang yang digantung atau dalam Bahasa Inggris disebut Hanging Man.
  • Peserta harus selalu menebak sampai kata yang sudah dimaksudkan oleh tutor tepat. Hal itu menandakan bahwa peserta tersebut memenangkan permainan. Tetapi ketika tebakan peserta terus salah hingga gambar orang menggantung selesai sempurna, berarti peserta tersebut kalah dan boleh diberi hukuman.

  1. Board Race;

Permainan yang difungsikan untuk meningkatkan kekayaan vocab ini terbilang sering digunakan. Board race sering digunakan di awal sebelum proses belajar dilakukan. Tujuannya untuk memancing keaktifan atau antusiasme peserta. Permainan ini juga sangat tepat untuk mengetahui bagaimana peserta menangkap materi-materi yang sudah disampaikan sebelumnya.

Detail permainannya adalah sebagai berikut :

Jenis permainan Boar race : pengulangan vocab dan grammar

Partisipan : Semua peserta tidak dibatasi jumlah dan usia

Teknis permainan board race : meskipun peserta tidak dibatasi, tetapi idealnya dilakukan oleh enam peserta atau lebih. Cara mainnya adalah :

  • Tutor membagi peserta di kelas menjadi dua atau lebih kelompok besar, kemudian memberikan spidol dengan warna sesuai selera pada masing-masing kelompok tersebut.
  • Tutor menarik garis vertikal di papan tulis sesuai dengan jumlah kelompoknya. Setelah itu tutor menulis topik yang diletakkan di bagian atas papan tulis.
  • Selanjutnya, para peserta dari setiap kelompok harus menulis jumlah kata yang ada hubungannya dengan topik, yang sudah ditentukan oleh tutor. Tahapan ini merupakan ajang kompetisi bagi setiap kelompok, jadi tutor harus menentukan jumlah waktunya juga.
  • Tahap terakhir, setiap kelompok yang menjawab kata dengan benar akan mendapatkan poin. Sebaliknya, kata-kata yang tidak ada hubungannya dengan topik dan ada kesalahan mengeja tidak akan mendapatkan poin.

  1. Simon Says;

Permainan yang dapat menjadi referensi selanjutnya adalah simon says. Meskipun permainan ini cocok bagi anak-anak, tetapi keseruan permainan ini juga dapat dinikmati oleh semua kalangan peserta tidak dibatasi usia.

Detail game meningkatkan Bahasa Inggris Simon says adalah sebagai berikut :

Jenis permainan : listening dan vocabulary

Partisipan : anak-anak, semua usia

Teknis permainan :

  • Tutor berdiri di depan kelas dan menjadi simon dalam permainan ini, kemudian memastikan semua peserta juga berdiri di tempatnya masing-masing.
  • Tutor mengatakan “Simon says” dengan gerakan yang sudah ditentukan, kemudian dilanjutkan kata yang akan dilakukan peserta. Misalnya “Simon says stand up”. Maka, apabila ada peserta yang duduk berarti dianggap kalah.
  • Tutor harus mengatakannya dalam tempo yang cepat untuk memberikan kesan menantang kepada peserta.
  • Selanjutnya, tutor juga boleh memberikan tantangan kepada seorang peserta secara bergantian untuk menjadi Simon kemudian memberikan reward kepada peserta tersebut.

Itulah tadi permainan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang dapat dilakukan di kegiatan belajar mengajar. Games di atas, dapat dilakukan sebelum kelas dimulai, setelah kelas berakhir, atau bahkan ketika proses belajar dilakukan atau disebut ice breaking saat materi Bahasa Inggris yang disampaikan tutor cenderung berat dan peserta rawan terserang kebosanan.

Permainan ini akan menghidupkan suasana mengajar dan membuat peserta antusias. Kamu dapat mendapatkan permainan-permainan yang sama serunya dengan memilih lembaga kursus Bahasa Inggris dengan kredibilitas yang baik. Misalnya HEC 1 di Kampung Inggris, Pare.


Yuk gabung di Kampung Inggris Pare ! informasi lebih lanjut silakan klik link di bawah ini :

Informasi Kampung Inggris Pare
Informasi Program HEC 1 PARE, KLIK DISINI

Yuk Follow Sosial Media HEC 1 PARE

facebook kampung inggris pareg+ kampung inggris paretwitter kampung inggris pare

 

Comments

comments

<

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember meLost your password?

    Don't have account. Register

    Lost Password

    Register

    Info Paket, Konsultasi dan Pendaftaran. Klik disini ( WA )